PERAN IT INFRASTRUCTURE LIBRARY (ITIL) BAGI DAYA SAING UKM DI INDONESIA
Sari
Sekitar 90% usaha yang ada di setiap negara masuk dalam kategori Usaha kecil dan Menengah (UKM), demikian pula di Indonesia. Peran UKM yang besar bagi perekonomian nasional menyebabkannya layak untuk mendapat dukungan agar memiliki daya saing global. Salah satu faktor penting dalam peningkatan daya saing tersebut adalah melalui pemanfaatan teknologi informasi secara optimal. Pertumbuhan usaha akan diiringi denganĀ perkembangan kompleksitas pengelolaan TI yang dapat berdampak negatif bagi bisnis. Best practice IT Infrastucture Library (ITIL) menjadi solusi defacto yang digunakan oleh mayoritas perusahaan dunia dalam mengefisienkan pengelolaan layanan TI. Strategi mengadopsi ITIL pada tiap perusahaan tidak pernah sama, terlebih ITIL lebih mengarah pada implementasi bagi perusahaan besar. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa dengan strategi adaptasi yang sesuai maka UKM di Indonesia dapat menerapkan dan memperoleh manfaat dari implementasi ITIL. Keywords : Teknologi Informasi, daya saing, UKM, ITIL
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jl. Pamularsih Raya No.16
Telp. (024)7601410, (024)7600645
Fax. (024)77601329
Email: lppm@stiedharmaputra-smg.ac.id
Semarang 50148
http://stiedharmaputra-smg.ac.id