ANALISIS METODE PEMBELAJARAN, LINGKUNGAN SEKOLAH, PRESTASI BELAJAR MOTIVASI BELAJAR, (STUDI KASUS PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 BOJA)
Sari
ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX pada SMP Negeri 2 Boja yang berjumlah 249 orang. Adapun sampelnya diambil sebanyak 153 dengan rumus Slovin. Metode pengolahan data menggunakan regresi berganda dengan SPSS 17.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa, metode pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Metode pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Hasil analisis variabel mediasi dengan menggunakan uji Sobel, menyimpulkan bahwa motivasi belajar dapat memediasi pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar. Motivasi belajar dapat memediasi pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar. Kata (Kunci: Metode Pembelajaran, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar) ABSTRACT The purpose of this study was to analyze the effect of teaching methods and school environment on the learning achievement of students with motivation learn as a mediating variable. The population of this study were all students of class IX at SMP Negeri 2 Boja, amounting to 249 people. The samples were taken at 153 with Slovin formula. Method of data processing using SPSS 17.0. Hypothesis testing results show that, learning methods and significant positive effect on motivation to learn. School environment and significant positive effect on motivation to learn. Motivation to learn positive and significant impact on learning achievement. Learning methods and significant positive effect on learning achievement. School environment positive and significant impact on learning achievement. The results of the analysis of mediating variables using Sobel test, concluded that the motivation to learn can mediate the effect of teaching methods on learning achievement. Motivation to learn can mediate the effect of the school environment on learning achievement. Motivation to learn in this study as a mediating variable that is used to bridge between the school environment on learning achievement. Empirically found the school environment variables affect the learning achievement and motivation to learn as mediating variable Keyword: Learning Method, School Environment, Motivation, Achievement
Teks Lengkap:
docRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jl. Pamularsih Raya No.16
Telp. (024)7601410, (024)7600645
Fax. (024)77601329
Email: lppm@stiedharmaputra-smg.ac.id
Semarang 50148
http://stiedharmaputra-smg.ac.id