PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PELAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT YAMAHA INDONESIA MOTOR CABANG SEMARANG

Rico Setianto, Wachid Fuady R

Sari


ABSTRACT

This study aims to determine the effect of product quality, price and after-sales service on purchasing decisions at PT Yamaha Indonesia Motor MFG Semarang Branch. The population in this research is an unlimited number of buyers of Yamaha motorcycles in the city of Semarang. The sample is 100 respondents with Accidental Sampling techniques. The analytical method used is multiple linear regression analysis. Variation of variables Purchase decisions can be explained by variable product quality, price and after-sales service of 92.3%. Based on the hypothesis test (H1), hypothesis (H2) and hypothesis (H3) obtained t count > t table = 1.661 with a significant number < = 0.05 (significant), so that the three hypotheses are proven. While the results of the multiple regression analysis are derived from the equation Y = 0.351 X1 + 0.310 X2 + 0.335 X3. Regression coefficients X1, X2 and X3 are all positive, this proves that there is a positive influence of the variables Product quality, price and after-sales service to the extent of buying a Yamaha motorcycle in the city of Semarang.

 Keywords: Product Quality, Price, After-sale Service and Purchasing Decision

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan pelayanan purna jual terhadap keputusan pembelian pada PT Yamaha Indonesia Motor MFG Cabang Semarang. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh pembeli sepeda motor Yamaha dikota Semarang yang jumlahnya tidak terhingga. Adapun sampel sebanyak 100 responden dengan teknik Accidental Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear berganda.Variasi variable Keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variable kualitas produk,harga dan pelayanan purnajual sebesar 92,3%. Berdasarkan Uji hipotesis (H1), hipotesis (H2) dan hipotesis (H3) diperoleh t hitung > t tabel =1,661 dengan angka signifikan < = 0,05 (signifikan), sehingga ketiga hipotesis tersebut terbukti. Sementara itu hasil dari analisis Regresi berganda diperoleh persamaan Y = 0,351 X1 +0,310 X2 + 0,335 X3. Koefisien regresi X1, X2 dan X3 semua bertanda positif,hal ini membuktikan adanya pengaruh yang positif dari variabel Kualitas produk, Harga, dan Pelayanan purna jual terhadap keputuasan Pembelian sepeda motor Yamaha di Kota Semarang.

 

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Pelayanan purnajual dan Keputusan pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jl. Pamularsih Raya No.16
Telp. (024)7601410, (024)7600645
Fax. (024)77601329
Email: lppm@stiedharmaputra-smg.ac.id
Semarang 50148

http://stiedharmaputra-smg.ac.id