PENGARUH ADOPSI KONSUMEN PASCA MASA TAYANG IKLAN AXE TERHADAP MINAT BELI ULANG DI SEMARANG

Mahmud ., Amron .

Sari


Abstrak
Konsumen akan mereferensikan suatu produk bermula dari perasaan konsumen setelah mengkonsumsi produk melampaui harapan mereka. Konsumen memiliki kebiasaan untuk berbagi informasi dengan rekan mereka tentang suatu produk yang menurut persepsi mereka mempunyai nilai yang tinggi. Penelitian ini akan mengembangkan menganalisi minat beli ulang suatu produk parfume dalam proses adopsi konsumen. Sampel yang diambil dalam penelitian adalah konsumen parfume “AXE” dengan ukuran sampel sebanyak 120 responden dengan metode purposive sampling. Metode kuesioner digunakan untuk mengetahui tingkatan dari kegunaan produk, atribut produk, memori iklan, nilai pelanggan, kepuasan pelanggan dan minat beli ulang. Penelitian ini terdapat 5
(lima) hipotesis yang akan dibuktikan dan dianalisis. Analisis data mengunakan program AMOS dengan SEM yang digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian. Hasil analisis dengan SEM menunjukkan bahwa 1) kegunaan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai pelanggan, 2) atribut produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai pelanggan, 3) Nilai pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, 4) kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli ulang dan 5) memori iklan memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap
minat beli ulang.

Kata kunci : memori iklan, nilai pelanggan, kepuasan pelanggan, minat beli ulang


Abstract
Consumers will reference a product, starting from consumers feel after consuming products beyond their expectations. Consumers have the habit to share information with their colleagues on a product which are perceived to have a high value. This study will develop buying interest re-analyzing a perfume products in the consumer adoption process. Samples taken in the research is that consumers perfume "AXE" with a sample size of 120 respondents by purposive sampling method. Questionnaire method used to determine the level of product usability, product attributes, memory advertising, customer value, customer satisfaction and rebuying interest. In this study there were five
(5) hypothesis to be proved and analyzed. Data analysis using AMOS program with SEM is used to prove the hypothesis of the study. Results of the analysis by SEM shows that is 1) the usefulness of the product positive and significant impact on customer value, 2) Product attributes has a positive and significant impact on customer value, 3) customer value has a significant impact on satisfaction customers, 4) customer satisfaction significantly influence the rebuying interest and 5) advertising memory has a positive and significant impact on the rebuying interest.

Keywords: Advertising memory, customer value, customer satisfaction, rebuying interest


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.