PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ONLINE TERHADAP PENINGKATAN LABA UMKM

Ira Setiawati, Penta Widyartati

Sari


Abstrak

 

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan media internet  sebagai sarana pemasaran online untuk memperoleh pangsa pasar yang memuaskan. Saat ini internet sudah sangat mudah diakses oleh siapapun diseluruh dunia, termasuk para pebisnis UMKM yang menggunakan internet sebagai sarana pemberi dan berbagi informasi tentang produk yang ditawarkan kepada konsumen secara online. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  bagaimana Pengaruh Startegi Pemasaran online terhadap Peningkatan Laba UMKM. Responden dalam penelitan ini adalah para Owner / Manajer pemasaran / staff  dari beberapa UMKM di Jawa Tengah. Hasil penelitian ini berusaha menjawab hipotesis, H1 diterima sedangkan Ho ditolak, yang menyatakan bahwa Strategi pemasaran online berpengaruh positif terhadap Peningkatan Laba UMKM.

 

Keyword : pemasaran online, strategi, laba, internet, UMKM

 

Abstract

 

Micro, Small and Medium Enterprises using internet media for online marketing to gain satisfactory market share. Currently, the Internet is very easily accessed by everyone around the world, including UMKM’s businessmen using  the Internet  as giving and sharing the information for customers about their products offered online. This paper aims to determine how the Effect of Online Marketing Strategy to increase the profit income of SMEs. Respondents in this research are the Owners / Marketing Managers / staff of SMEs in Central Java. The results of this study seeks to answer the hypothesis.  H1  is accepted whereas Ho is rejected, stating that online marketing strategy is a positive influence on increasing the Profit Income of SMEs.

 

Keyword: online marketing, strategy, profit, internet, SMEs


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.