INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) TERHADAP PELAYANAN ADMINISTRASI : STUDI EMPIRIS DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PEMERINTAH KOTA SURAKARTA
Sari
AbstrakSurvey ini dilakukan untuk (1) mengukur Indeks Kepuasan Masyarkat Kota Surakarta secara parsial maupun total, diperoleh IKM sebagai pedoman untuk mengukur perubahan IKM pada tahun berikutnya, (2) memetakan kinerja unit pelayanan publik di Kota Surakarta merupakan cerminan kinerja pelayanan publik di Kota Surakarta menurut persepsi pengguna jasa layanan publik dan (3) mengidentifikasi Harapan Masyarakat akan pelayanan publik di Kota Surakarta. Hasil yang diperoleh adalah (1) Rata-rata indeks nilai kenyataan (IKM) pada unit pelayanan secara keseluruhan adalah score 3,11 dengan nilai 77,73. Berdasarkan pada pedoman penilaian mutu pelayanan yang ditetapkan dalam Surat Keputusan MenPAN Nomor KEP/25/M.PAN/2004, maka mutu pelayanan publik pada unit pelayanan secara keseluruhan termasuk dalam kategori kinerja “Baik”. Pertimbangan meningkat daripada tahun yang lalu dengan score 3,06 dengan nilai 76,49 (score kenaikan 1,24). Harapan masyarakat akan pelayanan publik menurut prioritasnya yaitu: (a) perbaikan dan peningkatan kualitas kenyamanan lingkungan berupa keluhan yang berkaitan dengan sarana dan prasarana fisik, keluhan yang disampaikan umumnya berkaitan dengan kekurangnyamanan ruang pelayanan dan kurangnya fasilitas penunjang lainnya dalam upaya peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat di masa mendatang, (b) peningkatan dan pengembangan kemampuan sumberdaya manusia dalam pelayanan; dan (c) perbaikan prosedur dan sistem pelayanan secara bertahap. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat keseluruhan tertinggi pada unsur pelayanan ke-5, yaitu tanggungjawab petugas pelayanan yang mencapai 3,19, sedangkan nilai IKM terendah pada unsur pelayanan yang ke-13, yaitu kenyamanan lingkungan dengan nilai IKM adalah 3,03. Kata Kunci: indeks kepuasan masyarakat, pelayanan administrasi, dispendukcapil AbstractThis survey was conducted for (1) a measure of index satisfaction the people of Surakarta City in partial and total, obtained IKM as guidance for measuring changes IKM in the following year, (2) maping performance public service unit in Surakarta City a reflection of public service performance in Surakarta City in the perception of users public services and (3) to identify the hope the community for public in Surakarta City. The results are (1) the average index value the fact of IKM in the service as a whole was score 3,11 with the 77,73. Based on guidelines assessment the quality of service set in Surat Keputusan MenPAN No. KEP/ 25 /M.PAN /2004, the quality of public services in units of service overall included in a category performance was ”Good”. The consideration increased than in ago with score 3,06 with the 76,49 (score the increase in 1.24). The hope the community for public according to priority: (a) right and improving the quality comfort environment of complaints pertaining to physical infrastructure, their complaints were generally pertaining to uncomportable room service and lack of other facilities in terms of increasing index of community satisfaction in the future, (b) the increase and development the human-resource capacity in the service; and (c) right procedures and service system gradually. Index value of community satisfaction a whole on the highest element 5th service was responsibility to the officers of services at 3,19 , while value IKM the lowest in element 13th of service was comfort the environment to value of IKM was 3,03. Keywords: index of community satisfaction (IKM), administration services , dispendukcapil
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.