ANALISA KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIPENGARUHI HARGA PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN PADA PT BINA PERTIWI SEMARANG

Ikhsan Faozi, SB Handayani

Sari


ABSTRACTThis study aims to examine and analyze the influence of purchasing decisions influenced by price, promotion and service quality. The population is all customers of PT. Bina Pertiwi Semarang, amounting to 57 people. After distributing the questionnaires, only 50 questionnaires were returned and the data processing used 50 respondents. The sampling technique in this study uses the census method of all populations used as a sample. The method of data analysis uses multiple regression, using the SPSS program. H1 test results show that the price has a significant positive effect on purchasing decisions, meaning that the better the price, the higher the purchase decision. H2 test results show that promotion has a significant positive effect on purchasing decisions. This can mean the better the promotion, the higher the purchase decision. Likewise, H3 shows that service quality has a significant positive effect on purchasing decisions, which means that the better the quality of service, the higher the purchase decisionKeywords: Price, Promotion , Quality Service and Buying Decision  ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh keputusan pembelian yang dipengaruhi harga, promosi dan kualitas pelayanan. Populasinya adalah seluruh pelanggan PT. Bina Pertiwi Semarang yang berjumlah 57 orang. Setelah penyebaran kuesioner yang kembali hanya 50 kuesioner dan proses pengolahan data menggunakan 50 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus semua populasi dipakai sebagai sample. Metode analisis data menggunakan regresi berganda, mnggunakan program SPSS. Hasil pengujian H1 menunjukan bahwa  harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, artinya semakin baik harga maka keputusan pembelian semakin tinggi. Hasil pengujian H2 menunjukan bahwa promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat diartikan semakin baik promosi maka akan semakin tinggi keputusan pembelian. Demikian juga dengan H3 menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian yang artinya kualitas pelayanan semakin baik maka semakin tinggi pula keputusan pembeliannya Kata kunci : Harga, promosi, kualitas pelayanan, dan keputusan pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jl. Pamularsih Raya No.16
Telp. (024)7601410, (024)7600645
Fax. (024)77601329
Email: lppm@stiedharmaputra-smg.ac.id
Semarang 50148

http://stiedharmaputra-smg.ac.id